cara sahur yang bener

“Duh harus makan sahur banyak nih biar puasaku lancar”. Pasti banyak sekali orang yang berkata seperti itu kalau sahur. Semua orang pasti berangapan bahwa sahur banyak itu lebih efektif dalam menampung cadangan makanan dalam tubuh. Memang sih anggapan itu tak sepenuhnya tapi juga tak sepenuhnya benar.
Karena menurut para dokter maupun ulama ulama yang ada bahwa makan sahur berlebihan itu tak selamanya bisa dijadikan patokan bahwa kita akan kuat dan tetap fit dalam menghadapi hari esok.Fit atau tidaknya kita dalam menghadapi puasa esok tergantung asupan nutrisi yang kita makan waktu sahur,tapi jangan asal makan saja. Berikut ini adalah beberapa tips atau saran bagaiana cara makan sahur yang baik biar selalu fit dan semangat Insya Allah pasti berguna :

1)           Konsumsi karbohidrat secukupnya, salah satunya yang sudah tidak asing lagi bagi penduduk indonesia adalah nasi. Konsumsilah nasi secukupnya karena karbohidrat adalah zat yang paling mudah diserap oleh tubuh. Dengan kata lain karbohidrat yang digunakan sebagai sumber utama energi tubuh paling cepat habis dari asupan nutrisi yang lain.
2)           Tingkatkan konsumsi buah dan sayur, karena buah dan sayur mengandung serat yang baik bagi tubuh. Menurt para ahli serat yang terdapat dalam buah dan sayur dapat menguatkan tubuh lebih lama daripada karbohidrat. Sebab di lambung buah dan sayur tidak langsung di cerna melainkan di proses terlebih dahulu menjadi zat yang lebih sederhana agar memudahkan kerja usus.
3)           Jangan minum air dingin, karena menurut saya minum air dingin selain mempercepat kerapuhan tulang juga dapat melemaskan tubuh. Kenapa saya simpulkan demikian?, karena ini pernah terjadi pada saya pribadi. Waktu sahur saya meminum es belewah yang ada di kulkas yang masih ada karena tidak habis waktu berbuka. Akibatnya ”all day isinya lemes, lemes, and lemes”. ”hehehehehehe” cukup saya saja yang merasakannya deh
4)            Sahur mendekati imsak, nah yang ini juga penting loh. Sahur mendekati imsak kalau dipikir-pikir setidaknya kita menhemat waktu untuk menahan lapar waktu puasa ya kan ?. Tapi jangan sampai imsak ya misalnya kalau di surabaya sahurnya kurang lebih jam 3 pagi aja
5)           Niat dalam hati, kalau kita bisa tahan sehari penuh. Itu adalah kunci terbaik dari semua tips yang ada. Kalau kita menjalani semua tips ini tapi tanpa disertahi niat dalam hati percuma dong. Katakan dalam hatimu kalau ”aku pasti bisa”

Itu tadi adalah sekilas tips yang mungkin bisa anda terapkan dalam menjalani bulan puasa yang penuh berkah ini.

MARHABAN YA RAMADAN

Iklan

19 thoughts on “cara sahur yang bener

  1. estulyr berkata:

    @ arsyadsalam : makannya cepet saja dan usahakan 10 menit sebelum imsak sudah selesai pasti ngk telat

    @ fanz : thanks buat commentnya

    @ edi psw : lebih baik makannya secukupnya saja pak minumnya yang diperbanyak karena bisa menganti cairan tubuh yang hilang

    @ nafi abdul hakim: naf emang sahur dimana mana sebelum imsak bukan setelah imsak satu lagi jgn panggil mbak aku terkesan lebih tua tau

  2. estulyr berkata:

    @ noersam_cahpo : itu kebiasaan yang buruk itukan sunah rasul hehehe
    @ aRuL : terima kasih pujiannya
    @ aziz : kalau ngikuti nafi bisa ancur puasanya batal sebelum berjuang dong

  3. kusandriadi27 berkata:

    klo gw udah 2 hari ini sahur mendekati shubuh…wkwkwkkwkkwkwwkwkwkkwk,,biz kesiangan sih…

    tapi gpp doonk,,karena kata pak ustad kan imsak itu cuma pemberitahuan waktu sahur udah mau abis..abisnya mah pas shubuh,,
    kadang2 lauknya cuma mie gokar (yang baru itu loh,,),bakwan,sama nasi….wkwkwkwkkwkwkwkw,,biz saya gak terlalu rewel kalo saur makan apa,,

    by the way,,mampir2 ke blog saya mbak….

    salam kenal,,thx

  4. estulyr berkata:

    @ kusandriadi27 : lam kenal ya kamu lupa cantumin link kamu disini jadi aku ngk bisa ke link kamu deh tapi menurutku kalau sahur itu perbanyak serat aja jangan terlalu banyak makan mie nanti gemuk loh….hehehehe

  5. kusandriadi27 berkata:

    loh,koq nama saya gak langsung ke link ya…

    kusandriadi27.wordpress.com…tuh address nya,,

    saya makan mie mulu gak gemuk koq…karena diimbangi oleh jogging dan olahraga teratur tiap hari…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s